A. Registrasi, Kode Verifikasi (OTP) 

- Registrasi

  1. Untuk dapat menjadi pengguna Aplikasi ARA (“Pengguna ARA”), Anda harus melakukan registrasi (i) melalui Aplikasi ARA, atau (ii) Partner ARA.
  2. Anda wajib memastikan kebenaran dan keakuratan setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui aplikasi Partner ARA (“Data”).
  3. Registrasi Pengguna ARA baik melalui Aplikasi ARA atau melalui Partner ARA diwajibkan untuk memiliki nomor ponsel aktif yang dibuktikan dengan memasukkan kode verifikasi berupa kode One Time Password atau “OTP” yang dikirim kepada nomor ponsel tersebut.

- Kode Verifikasi (kode OTP)

  1. Kode OTP akan dikirimkan melalui Layanan Pesan Singkat (Short Messaging Service / SMS) ke nomor telepon terdaftar ketika Pengguna ARA membuat akun ARA baru, masuk ke Aplikasi ARA, atau menghubungkan akun ARA dengan aplikasi Partner ARA.
  2. Pengguna ARA wajib menjaga kerahasiaan kode OTP dan tidak membagikan kode OTP kepada siapa pun.

B. Biaya Layanan

Kami dapat mengenakan biaya dalam rangka penggunaan layanan pada Aplikasi ARA, termasuk, namun tidak terbatas pada layanan Tambah tabungan, pembayaran, transfer, redeem, dan/atau pencairan uang. Keterangan mengenai jumlah biaya yang dikenakan akan kami sediakan melalui media komunikasi, website, dan/atau media lain yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.

C. Klasifikasi Akun ARA

Aplikasi ARA menawarkan 2 (dua) jenis klasifikasi akun Pengguna ARA dengan jenis layanan atau fitur-fitur yang berbeda. Klasifikasi akun tersebut adalah:
 

- ARA Reguler

  1. ARA Reguler adalah klasifikasi akun ARA, memungkinkan Pengguna ARA untuk dapat menikmati beberapa fitur layanan di dalam Aplikasi.
  2. Untuk ARA Reguler, tidak bisa menggunakan fitur Kemitraan di dalam aplikasi.

- ARA Mitra

  1. ARA Reguler adalah klasifikasi akun ARA, memungkinkan Pengguna ARA untuk dapat menikmati fitur Kemitraan dalam Aplikasi

- ARA Perwakilan

  1. ARA Reguler adalah klasifikasi akun ARA, memungkinkan Pengguna ARA untuk dapat menikmati fitur Kemitraan dalam Aplikasi

 

D. ARA POINTS

  1. ARA Points adalah program loyalitas yang ditujukan bagi Pengguna ARA, yang ketentuan pemberian, penghitungan dan penggunaannya berbeda bergantung pada kesepakatan yang akan kami tentukan, dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku dan dapat berubah sesuai kebijakan ARA.
  2. ARA Points akan diberikan kepada Anda setiap kali Anda melakukan transaksi pada Aplikasi ARA yang telah memenuhi syarat untuk memberikan ARA Points sebagai program loyalitas.
  3. Jumlah ARA Points yang diberikan kepada Anda dapat berbeda-beda bergantung pada kebijakan ARA dan/atau kesepakatan antara ARA dengan Partner ARA.
  4. ARA Points akan diberikan setelah transaksi yang dilakukan berhasil, sepanjang tidak melewati batasan maksimum pemberian ARA Points dan sesuai ketentuan program/promo yang berlaku.
  5. Anda dapat menukarkan atau melakukan redeem atas ARA Points yang telah Anda kumpulkan dengan beberapa pilihan penawaran barang, produk, dan/atau diskon yang menarik di Partner ARA yang telah ditentukan. ARA Points juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan tetap mengacu pada angka (1) di atas.
  6. Setiap ARA Points yang Anda dapatkan tidak dapat diuangkan, dan/atau ditransfer, dan/atau dipindahkan ke Pengguna ARA lain.
  7. ARA Points yang Anda terima akan berlaku untuk jangka waktu 18 (delapan belas) bulan sejak penerimaan ARA Points dan setelah jangka waktu tersebut terlampaui maka ARA Points tersebut tidak berlaku lagi. Harap diperhatikan bahwa jangka waktu berlakunya ARA Points ini tidak berlaku saat akun Anda dinyatakan Akun Tidak Aktif.
  8. Kami berhak untuk menarik kembali dan/atau membatalkan pemberian dan/atau membatasi penggunaan ARA Points kepada Anda dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya apabila: (i) transaksi yang mendasari diberikannya ARA Points tersebut dibatalkan, (ii) transaksi yang mendasari diberikannya ARA Points tersebut terindikasi merupakan suatu tindakan kecurangan, tindakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (iii) terdapat kesalahan sistem/perhitungan yang dilakukan oleh Kami atau Partner ARA, dan/atau (iv) ketentuan dan kebijakan internal ARA.
  9. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait ARA Points, mohon mengacu pada Pusat Bantuan yang antara lain terdapat pada aplikasi ARA dan situs ARA, atau Anda dapat menghubungi Contact Channel atau Layanan Pengguna ARA sebagaimana diatur dalam huruf T (Hubungi Kami) Syarat dan Ketentuan ini.

 

E. PENUTUPAN AKUN

  1. Kami berhak untuk menutup akun Anda, di mana untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:

 

  1. Permintaan Anda sendiri selaku pemilik akun, dengan ketentuan Anda telah menyelesaikan segala kewajiban Anda kepada Kami;
  2. 1 (satu) bulan setelah akun Anda dinyatakan Akun Tidak Aktif (Dormant Account);
  3. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
  4. Akun atau Transaksi dalam akun Anda dinyatakan fraud (berdasarkan hasil investigasi Kami sendiri dan/atau dengan pihak kepolisian, dan/atau pihak ketiga);
  5. Keputusan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Tindak lanjut sehubungan dengan blokir atau penonaktifan akun berdasarkan poin (G) di atas.

 

Penutupan akun di atas dilakukan dengan telah menyelesaikan kewajiban dan biaya yang timbul karenanya.

  1. Jika akun ARA Anda ditutup berdasarkan angka 1 di atas, maka setelah verifikasi dilakukan, Kami dapat melakukan tindakan-tindakan penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo ARA Points dalam akun Anda. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.

 

F. KETENTUAN KHUSUS PADA WIDGET ATAU KONTEN KHUSUS DALAM APLIKASI ARA

  1. Dalam hal Anda telah berhasil mengakses widget atau konten khusus yang dijalankan mitra kami sebagaimana ayat (2) pada huruf E di atas, kami tidak memberikan jaminan bahwa pembelian produk atau layanan akan disetujui oleh Kami atau mitra Kami atau pihak yang bekerjasama dengan mitra Kami, yang memiliki wewenang untuk menerima, melanjutkan, menolak, dan/atau membatalkan permintaan Anda.
  2. Anda diminta untuk mempelajari seluruh ketentuan dan/atau manfaat dari produk dan/atau layanan yang ditawarkan, Kami, mitra Kami, dan pihak yang bekerjasama dengan mitra Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan pemilihan atau pembelian produk dan/atau layanan tersebut, yang sepenuhnya disebabkan oleh kelalaian atau ketidaktelitian Anda.
  3. Apabila diperlukan, mitra Kami atau pihak yang bekerjasama dengan mitra Kami dapat menerapkan syarat dan ketentuan khusus yang akan disampaikan kepada Anda, supaya Anda dapat menerima dan/atau melanjutkan produk atau layanan yang Anda pilih.

 

G. HAK MELAKUKAN KOREKSI

 

H. KEWAJIBAN, PERNYATAAN DAN JAMINAN

  1. Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi ARA (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) perangkat lunak yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Aplikasi ARA atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.
  2. Anda dilarang untuk menggunakan Aplikasi ARA atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktivitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi) milik pihak manapun; (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus softwarewormtrojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, filescript, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Aplikasi ARA dan sistem pendukungnya.
  3. Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi ARA yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami.
  4. Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain manapun, termasuk pegawai ARA. Setiap perintah Transaksi yang dibuat melalui akun ARA Anda dari Aplikasi ARA atau Partner yang telah Anda berikan otorisasi baik dengan pin dan/atau biometric recognition untuk beberapa smartphone tertentu, akan dianggap sebagai perintah/instruksi Anda yang benar, sah, atau valid kepada ARA untuk memproses transaksi tersebut. Anda akan menanggung segala kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian Anda, termasuk apabila Anda lalai dalam menjaga keamanan akun ARA Anda, dan dengan ini menyatakan untuk menyetujui dan membebaskan ARA dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau ganti kerugian yang timbul atas kelalaian tersebut.

 

  1. Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:

 

  1. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika anda di bawah usia 18 (delapan belas) tahun atau di bawah pengampuan, Anda menjamin bahwa pembukaan akun ARA telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda yang sah.
  2. Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Aplikasi ARA serta untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan usaha atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan usaha atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan tabungan ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Kami dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada Hak Kekayaan Intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Aplikasi atau sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain di mana Anda merupakan pihak atau di mana Anda atau aset Anda terikat.
  6. Aplikasi ARA akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan usaha atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf (c) di atas.
  7. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, akun ARA, OTP dan/atau Security Code, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan akun ARA kepada orang atau pihak manapun.
  8. Dalam atau pada saat menggunakan Aplikasi ARA, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada.

 

  1. Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi ARA, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.

 

I. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
  2. penggunaan Aplikasi ARA (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
  3. Aplikasi ARA dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik perangkat keras maupun lunak) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi ARA;
  4. penyediaan Aplikasi ARA atau kelancaran bertransaksi atau penggunaan akun ARA akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
  5. setiap data transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam Aplikasi ARA dan sistem penunjangnya adalah akurat atau benar;
  6. kualitas layanan atau Aplikasi ARA akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda; dan
  7. tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Aplikasi ARA dan sistem penunjangnya.

 

  1. Anda mengetahui dan setuju bahwa Kami juga berhak untuk memblokir, menon-aktifkan, menutup Akun, dan/atau melakukan penurunan status (downgrade) apabila:
    a. Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan Akun atau Tabungan dan/atau layanan/fasilitas Pengguna ARA;
    b. Pengguna ARA memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada Kami;
    c. Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.

 

  1. Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
  2. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan:
    a. Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau
    b. Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia,
    atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.

 

  1. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian tidak langsung dan/atau kerugian immateriil, termasuk setiap biaya, keuntungan (termasuk bunga), kerusakan, dan kerugian dalam jenis atau bentuk apapun, yang Anda atau pihak ketiga lainnya alami, yang terjadi akibat;


a. kesalahan Partner ARA atau mitra Kami;
b. kesalahan merchant Kami; dan/atau
c. kelalaian atau kesalahan pihak ketiga dan/atau Anda.

 

  1. Kami tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Kami, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan Kami yang disengaja atau kelalaian Kami.

 

  1. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
  2. penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;
  3. pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi ARA yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
  4. penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.

 

  1. Sebagai Pengguna ARA, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi, kode OTP, dan Security Code yang Anda gunakan untuk login dan mengakses akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.

 

  1. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim Anda atas ketentuan “Pembatasan Tanggung Jawab” ini (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).

 

  1. Apabila ada hal yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan bagian “Pembatasan Tanggung Jawab” ini, Anda dapat menghubungi Kami.

 

J. PENAUTAN AKUN ARA

MOHON DIBACA DENGAN SEKSAMA

 

  1. “Penautan Akun” adalah penautan akun Pengguna ARA Anda dengan akun Anda lainnya yang terdaftar pada platform Partner ARA yang Anda gunakan dengan cara memilih pilihan linking atau pilihan lain sebagaimana Kami tentukan pada platform Partner ARA yang Anda gunakan.

 

  1. Penautan Akun diperlukan agar Anda dapat mengakses layanan Kami pada platform Partner ARA tanpa harus membuka Aplikasi ARA. Dengan tertautnya akun Pengguna ARA Anda dengan akun Anda lainnya yang terdaftar pada platform Partner ARA, Anda dapat, di antaranya; melakukan penukaran ARA Points untuk produk-produk yang dijual dan/atau disediakan pada platform Partner ARA yang Anda gunakan, mengecek saldo Tabungan Umroh dan ARA Points, atau riwayat transaksi pembayaran Anda atas produk-produk yang dijual dan/atau disediakan pada platform Partner ARA yang Anda gunakan tanpa perlu membuka Aplikasi ARA, dan menggunakan fitur-fitur lainnya sebagaimana Kami sediakan dan tentukan dari waktu ke waktu melalui platform Partner ARA yang Anda gunakan (“MENU”).

 

  1. Perlu Anda ketahui, dengan dilakukannya Penautan Akun maka informasi yang relevan terhadap akun Pengguna ARA Anda, termasuk informasi-informasi dan data terkait keanggotaan akun Pengguna ARA Anda, transaksi pembayaran Anda untuk produk-produk yang dijual dan/atau disediakan pada platform Partner ARA yang Anda gunakan, dengan penukaran ARA Points, pada platform Partner ARA yang Anda gunakan, seperti; riwayat transaksi, waktu transaksi, dan status transaksi, dan ARA Points Anda, akan dapat terlihat pada platform Partner ARA yang Anda gunakan dan dapat dilihat oleh Partner ARA yang bersangkutan (“Informasi”). Hal ini dibutuhkan untuk tujuan penyediaan Layanan Kami melalui platform Partner ARA yang Anda gunakan. Dengan melakukan Penautan Akun berarti Anda telah sepenuhnya setuju untuk memberikan Kami izin dan wewenang untuk memperlihatkan Informasi yang dimaksud dalam poin ini kepada Partner ARA untuk tujuan tersebut.

 

  1. Akses Anda terhadap Layanan dan Informasi tersebut dapat berbeda-beda antara Partner ARA yang satu dengan lainnya bergantung pada kesepakatan antara ARA dan Partner ARA.

 

  1. Anda dapat menghentikan Penautan Akun Anda setiap saat, dengan melakukan pengakhiran Penautan Akun atau unlinking, yang mana Kami dan Partner ARA akan menyediakan pilihan unlinking tersebut atau pilihan lainnya sebagaimana Kami tentukan pada platform Partner ARA yang Anda gunakan, untuk Anda pilih pada saat Anda ingin menghentikan Penautan Akun. Dengan dihentikannya Penautan Akun maka layanan-layanan Kami pada platform Partner ARA yang Anda gunakan akan menjadi tidak dapat digunakan oleh Anda sampai dengan Anda melakukan Penautan Akun kembali.

 

  1. Perlu Anda pahami dan ketahui bahwa ketentuan Penautan Akun dan tata cara pelaksanaan Penautan Akun serta pengakhiran Penautan Akun dapat berbeda-beda pada setiap platform Partner ARA yang Anda gunakan dan Kami juga berhak menentukan dan mengubah tata cara Penautan Akun ARA tersebut. Anda dapat mempelajari dan memahami tata cara pelaksanaan Penautan Akun dan pengakhiran Penautan Akun pada laman interface platform Partner ARA yang Anda gunakan, di sana Kami dan Partner ARA akan menyediakan pilihan-pilihan yang dapat Anda pilih untuk melakukan Penautan Akun atau pengakhiran Penautan Akun.

 

  1. Dalam hal Kami melakukan perubahan, penambahan, dan/atau pengurangan atas tata cara Penautan Akun ARA, pengakhiran Penautan Akun pada platform Partner ARA yang Anda gunakan, Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau ketersediaan Layanan Kami lainnya, Anda mungkin akan dimintakan persetujuan ulang sebelum dapat kembali mengakses Layanan Kami melalui platform Partner ARA yang Anda gunakan.
  2. Sehubungan dengan Penautan Akun, Anda tetap wajib untuk senantiasa menjaga keamanan akun Pengguna ARA Anda dan Akun Anda pada platform Partner ARA, jangan sampai Anda tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan ARA atau Partner ARA yang bermaksud untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke Akun Pengguna ARA Anda atau akun Anda lainnya yang terdaftar pada platform Partner ARA, atau Anda menggunakan peranti atau membuka pesan pada perangkat (smartphone, komputer tablet, atau komputer Anda) yang mengandung malware atau virus yang dapat membahayakan akun-akun Anda.
  3. Anda memahami dan menyetujui bahwa Kami tidak dapat dimintakan pertanggung jawaban apabila Anda lalai dalam melakukan pengamanan akun Pengguna ARA Anda dan akun Anda lainnya yang terdaftar pada platform Partner ARA.
  4. Anda memahami bahwa ketentuan lainnya yang terdapat pada Syarat dan Ketentuan ini, sebagaimana relevan, tetap berlaku atas akun Pengguna ARA Anda, baik yang Anda akses melalui Aplikasi maupun platform Partner ARA.

 

K. RISIKO PENGGUNAAN

Dengan menggunakan ARA, Anda dianggap telah mengerti atas segala risiko dari penggunaan uang elektronik, seperti pencurian saldo, pengambilalihan akun, dan penipuan. Oleh karena itu, kembali Kami ingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menjaga akun Anda dari segala tindak kejahatan dengan:

  1. Mengetahui bahwa Kami tidak pernah meminta security code maupun kode OTP kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan yang dikirim melalui e-mail ataupun website (situs palsu menduplikasi situs resmi ARA) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan ARA yang meminta Anda untuk memberikan security code dan kode OTP.
  2. Hanya menghubungi Contact Channel atau Layanan Pengguna ARA resmi kami seperti yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk menyampaikan pesan anda, dan tidak merespon kepada customer service di luar yang disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Jika terjadi kehilangan akses terhadap akun dan perangkat yang anda gunakan, untuk langsung menghubungi layanan resmi kami dan melaporkan kejadian yang terjadi.
  4. Hanya melakukan transfer kepada sesama pengguna jika Anda yakin bahwa akun yang ditujukan adalah benar, jika tidak, transfer lebih baik dilakukan melalui akun bank.
  5. Selalu perhatikan situasi di sekitar Anda saat hendak melakukan login dengan memasukkan security code Anda. Jika Anda berpikir bahwa situasi sekitar tidak aman, Anda dapat melakukan login dengan menggunakan sidik jari.
  6. Selalu melakukan update untuk aplikasi ARA Anda, sehingga sistem keamanannya selalu terjaga.
  7. Hanya melakukan pengisian saldo (top-up) akun ARA Anda melalui mitra dan/atau agen resmi yang Kami sediakan, termasuk melalui agen bank tertentu maupun pihak ketiga lain yang kami informasikan. Layanan ini mungkin dikenakan biaya tertentu dan berbeda tergantung dari setiap layanannya.

 

L. PERLINDUNGAN DAN KERAHASIAAN DATA

Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan dan penyerahan Data yang Anda sampaikan kepada Kami akan dilakukan dengan tunduk kepada Syarat dan Ketentuan ini 

 

M. HAK KEKAYAAAN INTELEKTUAL

  1. Seluruh Aplikasi ARA dan sistem pendukungnya termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi ARA yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi ARA; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi ARA; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.
  2. Anda tidak diperkenankan dari waktu ke waktu untuk (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi ARA (termasuk sistem pendukung dan layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan/atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang memberikan lisensi hak-nya kepada Kami, (iv) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi ARA, (v) merekayasa ulang atau mengakses Aplikasi ARA dan/atau sistem pendukungnya untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau (c) menyalin ide, fitur , fungsi atau grafis, (vi) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web crawlers, web robots, web indexers, bots, virus, worm, atau aplikasi lain sejenis dan segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi ARA, (vii) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, "tambang data" (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi ARA dan isi yang terdapat di dalamnya.

 

N. KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)

Tidak menutup kemungkinan Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada:


1. segala gangguan virus komputer;
2. sistem trojan horses;
3. komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun,
4. layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan; dan/atau
5. bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami. Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab Keadaan Kahar ini.

 

O. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
  3. salah satu pihak baik Anda atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);

 

  1. jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua.
  2. proses mediasi oleh Mediator khusus akan diselesaikan oleh satu arbiter yang ditunjuk berdasarkan Peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang beralamat di gedung Wahana Graha Lantai 2, Jl. Mampang Prapatan Nomor 2 Jakarta Selatan 12760, Republik Indonesia (BANI).
  3. Ketentuan mengenai seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran dalam rangka penyelesaian Perselisihan diputuskan berdasarkan putusan arbitrase yang final dan mengikat;
  4. Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (e) ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri atau di non-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.
  5. Sehubungan dengan kuasa yang tidak ditarik kembali yang Anda berikan kepada Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, kuasa tersebut akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk alasan-alasan yang dimaksud dan diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali dalam hal Anda menutup akun ARA Anda.

 

P. MASA BERLAKU DAN PENGAKHIRAN

  1. Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak Anda menjadi Pengguna ARA dan tetap berlaku selama Anda belum melakukan penutupan akun ARA Anda atau Anda memiliki akun ARA yang aktif.
  2. Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.
  3. Anda dengan ini sepakat untuk menyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.
  4. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun
  5. Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.

 

Q. HUBUNGI KAMI

  1. Untuk setiap pengaduan terkait dengan Aplikasi ARA dan/atau akun Anda, atau pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini Anda dapat meminta menghubungi Contact Channel atau Layanan Pengguna ARA (dengan menyertakan bukti pendukung), melalui:

 

  1. Kami menghimbau Anda untuk segera melaporkan kepada kami melalui kanal-kanal di atas apabila Anda mengalami hal yang tidak biasa dan/atau di luar kewajaran atas Aplikasi ARA Anda untuk segera kami tindak lanjuti.
  2. ARA akan menindaklanjuti setiap penerimaan pengaduan Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Apabila terjadi perbedaan saldo pada aplikasi Anda dengan Kami, maka pengaduan akan kami tindak lanjuti sesuai dengan prosedur pengaduan di atas.

 

R. PERUBAHAN

Kami berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi dengan mengumumkannya kepada Anda antara lain melalui aplikasi ARA atau situs ARA. Anda memahami dan menyetujui bahwa apabila Anda menggunakan layanan Aplikasi ARA secara terus-menerus dan berlanjut setelah perubahan, penambahan dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan merupakan bentuk persetujuan Anda atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut. Apabila Anda tidak setuju atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut, Anda diminta berhenti mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi ARA dan/atau Layanan Kami.

 

S.PENUTUP

Dengan melakukan pendaftaran umroh dengan Chatour, semua Jamaah dianggap mengetahui dan menyetujui semua ketentuan dalam syarat dan kondisi ini tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

 

T. TANGGAL BERLAKU

Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak tanggal 18 Januari 2021.

 

SYARAT DAN KETENTUAN UMROH

 

A. KETENTUAN ADMINISTRASI, PENDAFTARAN, DAN PELUNASAN

1. Mengisi Formulir pendaftaran.

2. Membayar Setoran Awal sebesar minimal Rp. 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah)

3.Bagi pendaftaran yang dilakukan pada saat pameran atau acara promosi lainnya, maka ketentuan yang berlaku mengikuti peraturan pameran atau acara promosi tersebut.

4.H-60 hari sebelum tanggal keberangkatan, jamaah wajib melakukan pembayatran seminimal-minimalnya sejumlah DP (Rp. 7.000.000), jika tidak maka tanggal keberangkatan otomatis dialihkan ke kebrangkatan terencana.

5.Pelunasan paling lambat 45 hari sebelum tanggal keberangkatan.

6.Pendaftaran yang dilakukan 45 hari sebelum keberangkatan harus langsung dibayar lunas.

7.Pendaftaran dinyatakan sah apabila disertai dengan copy bukti pembayaran atau kuitansi resmi dari PT Arofah Mina.

8.Melengkapi dokumen perjalanan umrah paling lambat 45 hari sebelum tanggal keberangkatan,sebagai berikut :

i. Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan dari tanggal keberangkatan dengan nama 3 suku kata.

ii. Foto copy KTP dan KK yang masih berlaku.

iii. Pas foto berwarna terbaru dengan bacground warna putih close Up wajah 80% dengan ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar.

iv. Buku          kuning kartu    vaksinasi         menengitis      asli      dari      Dinas   Kesehatan Pelabuhan.

v. Surat nikah asli, apabila berangkat suami istri dengan usia kurang dari 45 tahun.

 

B. KETENTUAN ROOM LIST JAMA'AH UMROH Chatour

1. KAMAR DOUBLE:

Berisi 2 jamaah dengan ketentuan:

  1. Suami dan istri, dibuktikan dengan surat nikah
  2. Keluarga dalam ikatan mahram, dibuktikan dengan kartu keluarga
  3. Jamaah dengan jenis kelamin sama, laki-laki berdua, atau perempuan berdua

 

2. KAMAR TRIPLE:

Berisi 3 jamaah dengan ketentuan :

  1. Keluarga dalam ikatan mahram, dibuktikan dengan kartu keluarga
  2. Jamaah dengan jenis kelamin sama, laki-laki bertiga, atau perempuan bertiga

 

3. KAMAR QUARD:

Berisi 4 jamaah dengan ketentuan :

  1. Keluarga dalam ikatan mahram, dibuktikan dengan kartu keluarga
  2. Jamaah dengan jenis kelamin sama, laki-laki ber empat atau perempuan ber empat

 

Catatan penting:

1. Jamaah tidak diperbolehkan memilih kamar yang sama dengan mengacu pada ketentuan :

  1. Satu kamar dengan seorang dan/atau lebih diluar keluarga dalam ikatan mahram,
  2. Satu kamar dengan Mahram namun ada sesorang lagi diluar keluarga dalam ikatan mahram.

 

B. KETENTUAN PERALIHAN DAN RESCHEDULE

1.Jamaah bisa melakukan peralihan paket dengan syarat sebagai berikut:

i.Pergantian paket bisa dilakukan maksimal batas konfirmasi H-45 Hari sebelum tanggal keberangkatan.

ii.Ketika jamaah melakukan pergantian paket otomatis akan mengikuti harga paket terbaru.

2.Jamaah keberangkatan umrah dapat di gantikan oleh orang lain dengan syarat sebagai berikut:

i.Jamaah sakit dan/ atau meninggal bisa digantikan oleh jamaah lain dengan mengisi form pergeseran yang telah di sediakan oleh Chatour.

ii.Konfirmasi pergantian jamaah maksimal H-45 hari sebelum tanggal keberangkatan.

3.Jika jamaah terkendala dengan jadwal keberangkatan maka jamaah bisa melakukan

reschedule jadwal keberangkatan dengan ketentuan berikut:

i.Reschedule bisa dilakukan dengan konfirmasi maksimal H-45 hari sebelum tanggal keberankatan.

ii.Apabila jamaah melakukan perubahan jadwal keberangkatan kuranng dari H-45 hari sebelum keberangkatan, maka jamaah dikenakan penalti hangus deposit tiket senilai Rp. 7.000.000,- karena booking tiket telah dilakukan.

 

C. KETENTUAN PEMBATALAN

Sanksi biaya administrasi ketika jamaah membatalkan keberangkatan umrah, sebagai berikut :

1.Jika pembatalan dilakukan 1 Minggu setelah pendaftaran dikenakan potongan administrasi sebesar Rp. 1.300.000,- dan pengembalian uang pendaftaran minimal  H+ 3-6 bulan kerja setelah syarat administrasi lengkap dan di setujui.

2.Jika Pembatalan dilakukan 45 hari sebelum tanggal keberangkatan maka dikenakan potongan sebesar Rp. 8.300.000,- yang meliputi penalti hangus deposit tiket senilai Rp. 7.000.000,- dan potongan administrasi Rp. 1.300.000,-.

3.Jika jamaah yang melakukan pembatalan sudah menerima koper dan perlengkapan maka akan dikenakan tambahan potongan biaya perlengkapan senilai Rp. 1.500.000,-.

4.Jika pembatalan dilakukan H-30 hari sebelum keberangkatan akan dikenakan potongan sebesar 75% dari total biaya umrah karena hangus tiket pesawat yang sudah di issued.

5.         Jika pembatalan dilakukan H-15 hari sampai pada hari H sebelum keberangkatan akan dikenakan sanksi administrasi 100% atau tidak ada pengembalian uang sama sekali karena hangus biaya umroh mulai dari tiket pesawat, hotel, dan visa.

 

D. KETENTUAN LARANGAN DAN SANKSI JAMAAH UMRAH

1. Jamaah Umrah dilarang dan/atau berniat tinggal di Saudi Arabia dan/atau tinggal melebihi batas waktu umrah (overstay) yang telah ditentukan oleh peraturan yang berlaku dari kementrian haji kerajaan Saudi Arabia.

2. Apabila jamaah umrah melanggar ketentuan pendaftaran umrah pada D1

maka dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dari kementrian haji kerajaan Saudi Arabia, yaitu berupa dena uang senilai $ 6.000 (Enam Ribu Dolar Amerika) dan ditanggung oleh jamaah dan /atau keluarga jemaah dan/atau ahli waris keluarga jemaah.

 

E. KETENTUAN HAK-HAK DAN TANGGUNG JAWAB TRAVEL

• Pihak Arofa Mina tidak bertanggung jawab dan tidak bisa dituntut atas :

• Kecelakaan, kehilangan dan keterlambatan bagasi yang disebabkan kelalaian pihak penerbangan.

• Keterlambatan dan/atau dibatalkannya penerbangan, atau akibat Force Majure

• Pembayaran yang tidak dilakukan melalui rekening resmi PT. Arofah Mina

• Pihak Arofah Mina berhak melakukan penggantian hotel yang telah disepakati dengan hotel setaraf jika hotel yang dijanjikan penuh atau kurang kamar, dan merubah/mengundurkan tanggal keberangkatan jika jumlah peserta kurang dari 15 jamaah.

 

F. KETENTUAN HAK-HAK JAMAAH UMRAH

• Jika jamaah sudah melakukan pendaftaran dengan membayar setoran awal senilai Rp. 7.000.000,- maka jamaah berhak mendapatkan reservasi tiket sesuai dengan jadwal paket umrah yang dipilih.

• Jika jamaah sudah melakukan pelunasan untuk pembayaran umrah maka jamaah berhak mendapatkan perlengkapan umrah.

• Jika jamaah sudah melunasi paket umrah sesuai dengan yang dipilih maka jemaah berhak mendapatkan :

• Tiket Pesawat PP

• Akomodasi penginapan hotel dan transportasi sesuai dengan paket yang dipilih.

• Visa umrah

• Air Zamzam 5 liter

• Tour leader dan mutawif selama pelaksanaan ibadah umrah di Saudi Arabia

• Asuransi perjalanan ibadah umrah sesuai paket.

 

G.   PENUTUP

Dengan melakukan pendaftaran umroh dengan Chatour, semua Jamaah dianggap mengetahui